Desa Tokai di Koltim Jadi Kampung KB

KENDARIPOS.CO.ID — Desa Tokai di Kecamatan Poli-Polia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dicanangkan menjadi kampung keluarga berencana (KB), Kamis (14/9). Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah menuturkan, pencanangan Desa Tokai sebagai kampung KB sesuai hasil amatan pemerintah selama ini dan dianggap layak.

“Tingkat kesadaran warga Koltim untuk mengikuti program KB sudah cukup. Program dua anak cukup memang lebih baik dan bisa diwujudkan. Pengendalian pendudukan harus dimulai sejak dini. Sebab jika jumlah penduduk terus bertambah beban ekonomi juga meningkat. Apalagi jika pekerjaan kepala keluarga tidak memadai, pasti kebutuhan hidup tak terpenuhi,” jelasnya, kamis(14/9).

Oleh karena itu Pemkab terus berupaya melakukan sosialisasi agar masyarakat bisa memahami pentingnya mengikuti program KB dan menggunakan alat kontrasepsi. Sementara itu, Perwakilan BKKBN Sultra, Hj. Minrahmatin, menjelaskan, pembentukan kampung KB pada tahun 2017 ini diproyeksi pada 212 kecamatan di 17 kabupaten/kota. “Kecamatan Poli-Polia merupakan urutan ke-47. Kami akui, Pemkab Koltim sangat menyambut baik program nasional ini. Namun masih ada kampung rendah peserta KB seperti di Desa Tokai ini.

Partisipasi masyarakat yang sudah baik dipertahankan. Sementara untuk wilayah yang masih minim ikut program dua anak cukup, maka Pemkab harus giat memberi pemahaman serta sosialisasi,” pinta Minrahmatin. (c/kus)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.