Komisi IX DPR: Kejar Pembangunan Infrastruktur, Pemerintah Lupa Dengan Pelayanan Kesehatan

Eramuslim – Program kerja pemerintah memberi perhatian penuh pada pembangunan infrastruktur di daerah harus diimbangi dengan pemenuhan hak dasar bagi warga di kawasan timur, seperti di Papua. Terlebih, persoalan kesehatan masyarakat, khususnya untuk anak dan ibu, harus mendapatkan perhatian serius.

Kritik keras ini dilontarkan anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati setelah sebanyak 24 anak tewas akibat kejadian luar biasa campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat dalam empat bulan terakhir. Menurutnya, ini semua terjadi karena lalai dalam sektor layanan kesehatan di tengah upaya pembangunan infrastruktur pemerintah Jokowi.

“Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah mestinya juga memberikan perhatian yang serius terhadap daerah-daerah, khususnya yang masuk katagori zona merah dalam hal kesehatan,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/1).

Menurut Okky, keberadaan Inpres 9/2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan untuk Papua dan Papua Barat yang dikeluarkan 11 Desember 2017 oleh Presiden Joko Widodo harus segera direalisasikan di lapangan. Meski inpres cenderung terlambat, namun dapat menekan perangkat pemerintah dapat segera bertindak dan melakukan langkah-langkah nyata, khususnya terkait bidang kesehatan di Papua dan Papua Barat.

“Persoalan yang terjadi di Kabupaten Asmat pernah saya singgung dalam rapat kerja dengan Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu. Sayangnya, jawaban pemerintah justru menunjukkan kebingungan dalam menangani persoalan tersebut,” keluhnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.