Berita terpopuler 2017: Dari seruan Rizieq Shihab soal 'penjarakan Ahok' sampai pelantikan Trump

Berita terpopuler 2017: Dari seruan Rizieq Shihab soal 'penjarakan Ahok' sampai pelantikan Trump
Rizieq Shihab Hak atas foto Getty Images Image caption Rizieq Shihab memberi kesaksian dalam sidang Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta pada 28 Februari 2017.

Seruan pendiri Front Pembela Islam, FPI, Rizieq Shihab, dalam demonstrasi Februari lalu atas mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, agar dipenjarakan merupakan berita yang paling banyak Anda baca melalui situs BBC Indonesia sepanjang tahun 2017.

Berita lainnya termasuk perbedaan pelantikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tahun 2017 dan Presiden Barack Obama pada tahun 2009, serta penggunaan bahasa Jawa dalam pengumuman di bandara Dubai, Uni Emirat Arab.

Remisi Natal, hukuman Ahok dipotong 15 hari Aksi 212: Rizieq Shihab datang dan menyeru 'penjarakan Ahok' Inilah 10 berita terpopuler yang Anda baca sepanjang 2016

Ada pula soal krisis Rohingya serta kebakaran di rumah susun Grenfel Tower London dengan korban selamat yang bercerita dibangunkan oleh anak-anak Muslim yang saur saat Ramadan.

Inilah dia berita terpopuler sepanjang 2017 di situs BBC Indonesia.

1. Aksi 212: Rizieq Shihab datang dan menyeru 'penjarakan Ahok' Image caption Demo yang dihadiri Rizieq Shihab Februari lalu.

Saat berorasi di hadapan ribuan peserta aksi pada tanggal 21 Februari lalu, Rizieq Shihab kembali menyuarakan seruan yang diungkapkan dalam beberapa unjuk rasa sebelumnya, untuk memenjarakan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok saat itu.

"Siap bela negara? Siap bela agama? Siap ganyang PKI?" tanya Rizieq yang disambut pekikan takbir para peserta.

Rizieq juga mengatakan bahwa aksi 212 bukanlah aksi makar.

"Kami tidak niat untuk makar, menggantikan rezim, apalagi bikin negara baru," katanya.

Aksi 212: Rizieq Shihab datang dan menyeru 'penjarakan Ahok' Tujuh perkara pidana yang membelit Rizieq Shihab Perlukah memeriksa Rizieq Shihab sampai ke Arab Saudi?

Ahok saat ini mnejalani hukuman dua tahun penjara setelah dinyatakan terbukti bersalah untuk dakwaan penodaan agama terkait sebuah pidatonya di Pulau Seribu, yang menyebut bahwa jika ada yang "dibohongi pakai Al Maidah" memutuskan untuk tidak memilihnya dalam Pilkada, ia tak keberatan.

Rizieq sendiri tak jelas keberadaanya dan belum kembali ke Indonesia sejak pergi umroh April lalu. Pendiri FPI ini menghadapi tujuh dakwaan termasuk dugaan percakapan dugaan pornografi dengan Firza Husein.

2. Galeri Foto: Bedanya pelantikan Trump 2017 dengan Obama 2009 Image caption Pelantikan Obama pada 2009

Delapan tahun jarak yang memisahkan pelantikan Barack Obama dengan pelantikan Donald Trump. Simak perbandingan pelantikan Barack Obama tahun 2009 dengan pelantikan Donald Trump tahun 2017 melalui foto-foto ini.

Image caption Pelantikan Trump pada 2017.3. Remaja RI adu cerdas di kontes debat dunia, malah diributkan soal pakaian Hak atas foto Kemendikbud Image caption Para peserta lomba debat international di Bali Agustus lalu.

Agustus lalu, sejumlah pelajar SMA yang mewakili Indonesia dalam kompetisi debat internasional di Bali menanggapi sejumlah komentar di Facebook yang meremehkan aktivitas debat dan mempertanyakan gaya pakaian mereka dalam ajang dunia tersebut.

Remaja RI adu cerdas di kontes debat dunia, malah diributkan soal pakaian

Nicholas Christianto salah satu pelajar yang ikut dalam WSDC mengatakan, "debat itu menantang dan menegangkan dan kita selalu dituntut untuk lebih baik dari penampilan-penampilan sebelumnya."

Nicholas serta tiga siswa lain yaitu Ngurah Gede Satria Aryawangsa, Gracesenia Cahayadinata, dan Stephanie Elizabeth Purwanto harus banyak membaca dan berlatih debat bahasa Inggris dengan tim debat yang lebih senior, yaitu mahasiswa dari Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

"Sangat disayangkan, kita hidup di komunitas di mana seseorang bisa menghakimi orang lain dan menilai seperti apa orang lain itu dengan bagaimana orang itu berdandan," kata Nicholas menanggapi komentar di akun Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Kontroversi tetap muncul ketika BBC Indonesia menggunggah ulang salah satu berita terpopuler sepanjang 2017 ini.

4. Bandara Dubai gunakan bahasa Jawa halus untuk informasi penerbangan Hak atas foto Emirates Image caption Pramugari Emirates melayani penumpang.

''Nuwun sewu, bapak-bapak soko ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade ...,'' begitu bunyi pengumuman penerbangan EK 358 rute Dubai-Jakarta di Bandara Dubai - bandara internasional tersibuk di dunia.

Bandara Dubai gunakan bahasa Jawa halus untuk informasi penerbangan

Bahasa Jawa halus, yang dalam bahasa Indonesia berarti 'permisi bapak-bapak dan ibu-ibu, penerbangan EK 358 ke Jakarta saat ini akan....' disampaikan di Bandara Internasional Dubai, dan membuat sejumlah penumpang terpingkal.

Salah seorang Wakil Presiden Emirates, Walter Riggans, mengatakan bahasa Jawa dipakai untuk memudahkan bagi penumpang yang tidak memahami bahasa Inggris atau Arab saat proses naik ke pesawat.

5. Teriakan anak-anak 'bunuh si Ahok' di pawai obor 'bisa berbahaya' Hak atas foto Getty Images Image caption Pawai obor terjadi pada malam terjadinya pemboman di Kampung Melayu, Jakarta.

Pada bulan Mei lalu saat Ramadan, sejumlah anak yang ikut dalam pawai obor menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan kata-kata yang diganti "bunuh si Ahok", ucapan yang banyak dikecam.

Teriakan anak-anak 'bunuh si Ahok' di pawai obor 'bisa berbahaya'

Pakar psikologi anak Universitas Indonesia, Rini Hildayani, mengatakan bila hal seperti ini dibiarkan dapat berbahaya. karena di kemudian hari bisa ditolerir.

Pawai obor menyambut Ramadan dilakukan di sejumlah tempat di Jakarta, pada Rabu (24/05). Di malam yang sama terjadi bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu.

"Ada foto2 (foto-foto) & video korban teror bom bunuh diri di Kp Melayu, tp yg (tapi yang) lebih menakutkan bg (bagi) saya: video anak2 yg (anak-anak yang) diajarkan & diperalat teriak2 bunuh2 (teriak-teriak bunuh-bunuh)," tulis penulis dan aktivis, Mohamad Guntur Romli, melalui akun Twitternya.

6. Palu arit: 'ketakutan kita terhadap ketidaktahuan'

Hak atas foto Getty Images Image caption Simbol palu arit di Cina.

Berita ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 12 Mei 2016 namun menjadi salah satu artikel yang paling banyak dibaca di situs BBC Indonesia.

Palu arit: 'ketakutan kita terhadap ketidaktahuan'

BBC Indonesia mencatat kata palu arit pada pertengahan Mei tahun lalu banyak diributkan melalui Twitter.

Namun sejumlah pemerhati mengatakan ketakutan terhadap simbol-simbol komunis ini dianggap tidak perlu karena bersumber pada ketidatahuan.

7. Penolakan camat Katolik di Yogyakarta kuatkan predikat 'Yogyakarta yang paradoks'

Image caption Bupati Bantul, Suharsono mengatakan ia tidak membeda-bedakan agama.

Januari awal tahun ini sejumlah warga kecamatan Pajangan, Bantul, memprotes dipimpin seorang non-Muslim, camat Yulius Suharta, yang beragama Katolik.

Penolakan camat Katolik di Yogyakarta kuatkan predikat ‘Yogyakarta yang paradoks’ Camat beragama Katolik di Bantul dipilih karena 'memiliki kemampuan'

Bupati Bantul, Suharsono, yang diminta untuk memutuskan nasib camat Yulius mengatakan dia "tidak membeda-bedakan agama," dan ia memilih Yulius karena yang bersangkutan lolos uji kelayakan dan kepantasan, serta tidak melihat latar belakang agamanya.

Suharsono juga menegaskan bahwa dirinya tidak bisa ditekan oleh orang atau kelompok lain yang memaksa dirinya untuk mengganti Yulius Suharta karena beragama Katolik.

8. Krisis Rohingya: Apa yang dipergoki wartawan BBC di desa-desa yang terbakar itu?

Image caption Desa Rohingya yang terbakar.

Wartawan BBC, Jonathan Head, menyaksikan langsung desa-desa di negara bagian Rakhine, Myanmar, yang ditinggalkan warga Muslim Rohingnya karena kekerasan September lalu.

Krisis Rohingya: Apa yang dipergoki wartawan BBC di desa-desa yang terbakar itu?

Saat itu, lebih dari 300.000 orang telah meninggalkan negara bagian Rakhine menuju Bangladesh dan semuanya berasal dari distrik Maungdaw, Buthidaung dan Rathedaung, wilayah terakhir di Myanmar dengan populasi Rohingya yang belum terusir ke kamp-kamp pengungsian.

Daerah-daerah ini sulit dijangkau dan yang ingin masuk harus meminta izin khusus.

9. Anak-anak Muslim gedor pintu bangunkan warga saat kebakaran hebat di London

Hak atas foto AFP Image caption Korban selamat kebakaran di rumah susun Grenfel Tower, London.

Pertengahan Juni lalu, kebakaran besar terjadi di rumah susun Grenfel Tower, London.

Anak-anak Muslim gedor pintu bangunkan warga saat kebakaran hebat di London

Saat kejadian tersebut banyak penghuni yang bercerita mereka berhasil selamat karena dibangunkan oleh warga Muslim termasuk anak-anak yang tengah bangun sahur saat itu.

"Anak-anak Muslim berlarian menggedor pintu warga, membangunkan kami ... mereka datang dari masjid. Kalau bukan atas bantuan mereka, penghuni pasti meninggal," kata seorang warga saat itu kepada HuffPost.

"Ini karena Ramadan ... terima kasih Ramadan," tambah seorang perempuan setengah baya.

Ia mengatakan banyak yang mengecam komunitas Muslim ketika ada insiden yang menodai komunitas ini. "Tapi ketika mereka melakukan kebaikan seperti ini, tak ada yang memberi perhatian," kata penghuni Grenfell Tower lainnya.

10. Kisah fotografer temukan suku yang tak mengalami era modern

Hak atas foto RICARDO STUCKERT Image caption Beberapa anggota suku Indian tampak garang melihat orang luar, tapi juga ada kesan mereka sebenarnya ingin tahu lebih jauh.

Kumpulan foto suku terasing di hutan Amazon, Brasil, ini ditemukan oleh tim pakar dan fotografer secara tak sengaja.

Kisah fotografer temukan suku yang tak alami era modern

Suku ini sama terisolir dari dunia luar dan 'tak mengalami kemajuan era modern'.

11, Foto-foto 'penyiksaan kaum Rohingya': yang palsu dan yang asli

Hak atas foto Reuters Image caption Anak-anak Rohingy di Desa U Shey Kya, Myanmar, 27 Oktober 2016.

Foto-foto penyiksaan warga Rohingya, Myanmar lagi-lagi muncul, namun dari banyak foto, sebagian di antaranya ternyata palsu.

Foto-foto 'penyiksaan kaum Rohingya': yang palsu dan yang asli

Berita ini awalnya diterbitkan pada November 2016 dan di tengah maraknya lagi kekerasan yang menyebabkan warga Rohingnya melarikan diri ke Bangladesh November lalu, berita ini kembali banyak dibaca.

11. Kedubes Palestina 'sesalkan' penggunaan benderanya di 'unjuk rasa tak damai' Hak atas foto AFP Image caption Bendera Palestina dalam di depan Pengadilan Jakarta Utara dalam persidangan Basuki Tjahaja Purnama atas dugaan penistaan agama.

Dalam sejumlah aksi protes pada Januari lalu menentang Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, sejumlah demonstran membawa bendera Palestina.

Kedubes Palestina 'sesalkan' penggunaan benderanya di 'unjuk rasa tak damai'

Kedutaan Besar Palestina dalam pernyataan resmi mengatakan "perilaku itu tidak bisa diterima, tidak bisa dianggap sebagai tanda dukungan atau solidaritas terhadap Palestina."

Sejumlah aksi itu berjalan "tidak damai" dan Kedubes Palestina menyatakan "Teman Palestina yang asli dan tulus akan menjaga stabilitas dan kedamaian di negara mereka jika mereka benar-benar tulus ingin menciptakan kedamaian di Palestina."

12. 'Tampar anak' dan persekusi orang, 'perilaku FPI yang harus dilawan' Hak atas foto GP Ansor Image caption Putra Mario Alfian ditampar sejumlah orang yang mengaku anggota FPI.

Seorang remaja berusia 15 tahun, Putra Mario Alfian, ditampar oleh sejumlah orang yang mengakui dari Front Pembela Islam, FPI setelah mengkritik pendiri Rizieq Shihab yang saat ini belum kembali ke Indonesia, di akun media sosialnya.

'Tampar anak' dan persekusi orang, 'perilaku FPI yang harus dilawan'

Salah seorang di video itu mengatakan, "Besok lu temen-teman lu yang sama etnis kayak lu juga lu nasehati...ini udah kejadian di gua, supaya nasibnya gak sama kaya lu. Ini mending lu gak diapa-apain, Di Jakarta Barat udah gak berbentuk...kalau FPI begini --kita pake proseduran, cuma masyarakat yang gak bisa nahan karena kenapa, Habib Rizieq Shihab bukan hanya milik FPI, punya umat Islam."

Ketua umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan 'perilaku FPI' itu harus dilawan dan dilaporkan ke kepolisian.

Mario saat itu, selain dipukul juga diminta menandatangani surat permintaan maaf bermeterai yang disebarkan secara meluas melalui media sosial.

14. Dituding murtad, kebaktian Nasrani di Yogyakarta dibatalkan Hak atas foto AFP Image caption Gambar ilustrasi kebaktian di gereja.

Rencana menyelenggarakan kebaktian Nasrani yang digagas Pendeta Stephen Tong di Stadion Kridosono, Yogyakarta, batal digelar Oktober lalu menyusul desakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI).

Dituding murtad, kebaktian Nasrani di Yogyakarta dibatalkan

Pengelola stadion, PT Anindya Mitra Internasional (AMI) menyatakan kebaktian dibatalkan karena penolakan ormas walaupun perjanjian sewa telah ditandatangani dengan penyelenggara acara bertajuk Kebaktian Nasional Reformasi 500 Tahun.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.