Pengaspalan Jalur Ringroad, Pemkot Kendari Anggarkan Rp 222 Miliar

Jalan lingkar di Kota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Pekerjaan outer dan inner ring road Kota Kendari memang diinisiasi oleh pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebelumnya, Asrun-Musadar. Proyek multiyear itu rupanya masih mendapat perhatian yang sama dari nakhoda baru Metro Kendari saat ini, Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra dan tandemnya Sulkarnain Kadir.

Pekerjaan jalur lingkar luar itu tetap mendapat alokasi dana yang cukup besar untuk menuntaskannya. Sekira Rp 222 miliar dialokasikan untuk pengaspalan jalur yang membuka isolasi warga dipelosok kota itu. “Pengaspalan itu sekitar delapan kilometer. Anggarannya sekitar 222 miliar,” ujar Plt.Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kendari, Mahmud Buburanda, Jumat (23/2) kemarin. Kata dia, penuntasan outer ring road masih tetap dilakukan dengan sistem penganggaran multiyear. Tahun ini ada tiga jalur yang akan ditangani instansinya. Yakni, poros batas kota di Tabanggele, Jembatan Talia (Jembatan Kuning,red) dan jalur Tobimeita. Saat ini ketiga proyek itu sudah dilelang dan memasuki persiapan penandatanganan kontrak.

“Wali Kota Kendari masih tetap memprioritaskan pekerjaan infrastruktur jalan tahun ini, dan menurut beliau ring road itu salah satu jalur yang sangat penting untuk mendukung kesiapan Pelabuhan New Port di Bungkutoko, makanya kita lanjutkan pembangunannya,” ujar Mahmud Buburanda. Mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kabupaten Konawe Selatan itu menuturkan dalam waktu tiga tahun jalur lingkar yang membingkai kota itu akan tuntas. Namun lanjut dia, meski belum tuntas, jalur itu kini sudah bisa dan dilintasi.

Sebelumnya, pemerintah Kota Kendari mengharapkan ada suplai dana dari APBN untuk penyelesaian proyek itu. Sebab, jalan itu memenuhi syarat untuk menjadi jalan nasional. Akan tetapi, niatan itu belum diamini oleh pemerintah pusat, sehingga Pemkot tetap merogoh APBD demi penyelesaian mega proyek itu. (ely/b)

Nama Proyek                                                       Anggaran                            Panjang

Outer Ring Road Tabanggele                                   Rp 74 Miliar                1,08 km
Outer Ring Road Jembatan Kuning                        Rp 58 Miliar                3,60 km
Outer Ring Road Tobimeita                                     Rp 90 Miliar                4,40 km

Sumber : Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.