Huawei Prediksi Pendapatan 2017 Mencapai USD91,2 miliar

IMG-20180103-WA0026Jakarta, Selular.ID – Saat menyampaikan pesan Tahun Baru 2018, Rotating CEO Huawei Ken Hu mengatakan bahwa pendapatan perusahaan sepanjang 2017 diperkirakan akan meningkat sebesar 15 persen menjadi CNY600 miliar ($ 91,2 miliar). Namun ini adalah pertumbuhan perusahaan yang paling lambat sejak 2013.

Terlepas dari fluktuasi siklus investasi telco, Hu mengklaim bahwa, bisnis carrier yang menjadi core business perusahaan, “tetap sehat dan kuat” di 2017. Hal itu tak lepas dari transformasi digital yang tengah hype di berbagai belahan dunia. Menurutnya, bisnis itu telah memenangkan kesepakatan dengan 197 perusahaan di Fortune Global 500 ( 45 di antaranya berada di Fortune 100).

“Bisnis Huawei penuh dengan potensi, dan akan segera meledak dengan vitalitas yang luar biasa’, ujar Hu dengan nada optimis.

Selain kuatya bisnis carrier, Hu juga memaparkan bahwa bisnis kelompok konsumen juga mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat dari pengiriman telepon seluler yang melonjak 10 persen YoY (year on year) di 2017 menjadi 153 juta unit, memberikan pangsa pasar global lebih dari 10%.

Pendapatan kelompok konsumen pada 2017 diperkirakan akan meningkat sekitar 30% YoY menjadi CNY236 miliar (juga pertumbuhannya paling lambat sejak 2013).

“Kami benar-benar berada di antara tiga pembuat telepon terkemuka di dunia dan tetap menjadi pemimpin pasar di China,” kata Hu.

Huawei pada Oktober 2017 secara resmi mengumumkan perangkat seri Mate 10, yang menggunakan prosesor canggih buatan manusia (AI) yang dioptimalkan, yang diklaim lebih cepat daripada iPhone Apple.

Dalam pesan Tahun Baru yang dirilis secara terpisah, Richard Yu, CEO kelompok Bisnis Konsumen, menyebutkan bahwa pada 2018, Huawei akan terus merilis produk disruptive dengan teknologi inovatif untuk memimpin pasar global.

“Saya percaya bahwa 2018 akan menjadi tahun pertama kami menginjakkan kaki di jalan menuju keunggulan global sejati”, kata Yu tak kalah optimis.

Yu mengatakan bahwa Mate 10 tetap menjadi salah satu produk terlaris dan “kita hampir tidak dapat mengikuti permintaan”.

Di tahun baru, dia mengatakan akan terus memperkuat penerapan strategi merek Honor untuk segmen menengah dan kalangan muda.

“Huawei akan berusaha menghadirkan gadget baru yang disukai orang muda. Merek Huawei akan berusaha mendapatkan pangsa yang lebih besar di pasar high-end, melayani khalayak yang lebih luas”, kata Yu.

Sementara di bisnis komputasi awan, Ken Hu mengatakan bahwa Huawei sekarang menawarkan 97 layanan awan yang berbeda di 14 kategori utama.

“Sejak terbentuknya Cloud BU, pemanfaatan sumber daya dan jumlah pengguna awan kami meningkat tiga kali lipat”, kata Ken.

Pada 2017, setelah mengumumkan rencana untuk berkolaborasi lebih luas dalam berbagai penawaran awan publik, Huawei telah menghasilkan lebih dari 1.000 kemitraan strategis di seluruh dunia.

Terus Tumbuh

Dengan usia yang akan mencapai 30 tahun pada 2018, Ken Hu menggariskan tujuan untuk empat bidang bisnis utama.

Pertama, BG Carrier. Huawei perlu terus mempertahankan pertumbuhan industri, memperbaiki kualitas kontrak, dan secara aktif mencari peluang pertumbuhan baru.

Kedua, BG Enterprise. Huawei perlu terus tumbuh dengan lebih cepat dan menjadi salah satu pilar bisnis inti dalam waktu lima tahun.

Ketiga, BG Konsumen. Huawei perlu memperkuat fondasinya, mempertahankan momentum pertumbuhan positif, dan terus meningkatkan profitabilitas.

Keempat, bisnis cloud publik. Huawei juga perlu diinvestasikan sesuai rencana, meningkatkan daya saing produknya, dan berkonsentrasi pada penskalaan. ”

Sementara untuk beradaptasi dengan struktur bisnis yang lebih kompleks, Hu mengatakan Huawei akan “secara bertahap membangun model operasi yang terdesentralisasi.”

“Tanggung jawab dan wewenang akan jelas, operasi akan lebih efisien, dan pengawasan lebih efektif. Ini akan memungkinkan unit bisnis kami tumbuh sesuai dengan cara yang mereka anggap sesuai, saat beroperasi di bawah platform bersama dan sistem nilai bersama”, ujarnya.

Ke depan, jelas bahwa Huawei bertujuan untuk terus mendominasi pasar vendor jaringan sekaligus meningkatkan pengenalan merek konsumennya.

“Sebagai pemain global, kita harus bersabar dan gigih, menunjukkan nilai dan kontribusi kita satu langkah pada satu waktu. Kita perlu mendapatkan kepercayaan, terus memperbaiki, dan menumbuhkan lingkungan bisnis yang reseptif yang dapat mendukung pengembangan bisnis pada tingkat yang baru. Tidak hanya 100 miliar dolar, namun pendapatan ratusan miliar dolar dan lebih”, pungkas Hu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.