Aparat Israel gugat Ahed Tamimi, remaja Palestina yang tampar tentara

Aparat Israel gugat Ahed Tamimi, remaja Palestina yang tampar tentara
Ahed Tamimi Hak atas foto AHMAD GHARABLI/GETTY IMAGES Image caption Ahed Tamimi telah berulang kali menghadapi langsung tentara Israel.

Aparat Israel menggugat Ahed Tamimi, 17, seorang remaja perempuan Israel setelah sebuah rekaman video yang menampilkannya menampar dan mendorong tentara menjadi viral di internet.

Rekaman video tersebut menunjukkan Ahed Tamimi menyuruh dua serdadu Israel meninggalkan jalan masuk menuju rumah. Ketika mereka tidak merespons, Ahed mendorong, menendang dan menampar mereka.

Adegan selanjutnya, sepupu Ahed, Nour, 21, bergabung dan turut mendorong serta menendang para serdadu.

Oleh militer Israel, Ahed digugat dengan 12 dakwaan yang meliputi penyerangan dan pelemparan batu. Nour dan ibu Ahed—yang merekam adegan tersebut—juga digugat.

Sosok Ahed Tamimi, remaja Palestina yang berani menampar tentara Israel Kekeringan parah Israel: Doa minta turun hujan dan ejekan pihak yang skeptis Jatuh 12 korban jiwa sejak Trump tetapkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel

Militer Israel mengatakan insiden itu terjadi pada 15 Desember di Desa Nabi Salih, Tepi Barat, tatkala lebih dari 200 warga Palestina melempar batu ke arah para serdadu.

"Sejumlah warga Palestina masuk ke rumah di sekitar dan terus melempari para serdadu dengan batu dari dalam rumah dengan persetujuan penghuninya," sebut militer Israel.

"Aparat mengeluarkan para perusuh dari rumah dan tetap berdiri di jalur masuk guna mencegah mereka masuk lagi. Belakangan, beberapa perempuan Palestina keluar menghadapi para serdadu guna menyulut provokasi," tambahnya.

Militer Israel mengatakan investigasi telah mengungkap bahwa salah seorang tentara dalam video tersebut merupakan komandan kompi infantri dan dia "telah bersikap profesional dengan tidak memberi respons apapun".

Media playback tidak ada di perangkat Anda

Ahed Tamimi ditahan begitu video ini menjadi viral.

Namun, versi berbeda diutarakan keluarga Tamimi. Ayah Ahed mengatakan tentara Israel telah menembakkan gas air mata dan memecahkan kaca rumah dalam unjuk rasa yang sah di Desa Nabi Salih.

Bahkan, sepupu Ahed yang berusia 14 tahun, Mohammed, mengalami luka pada wajahnya akibat peluru karet yang dilepaskan tentara Israel.

"Tindakan mereka tampak manusiawi pada saat itu, namun menurut saya aksi mereka pada hari itu secara keseluruhan tidak manusiawi. Saya bangga dengan putri saya dan apa yang dia lakukan," kata ayah Ahed, Bassem Tamimi, kepada harian Israel Yedioth Aharonth.

Rekaman video yang menampilkan aksi Ahed dan sepupunya beredar luas di Palestina dan dunia. Banyak warga Palestina menganggap Ahed sebagai pahlawan dalam perlawanan terhadap pendudukan Israel.

Sebab bukan sekali itu saja tindakan Ahed menjadi pemberitaan dan viral.

Hak atas foto ABBAS MOMANI Image caption Ahed Tamimi mengenakan kaos Tweety Pie menggigit tangan seorang tentara Israel untuk menghentikan penangkapan saudara laki-lakinya.

Beberapa tahun lalu sebuah foto yang menunjukkan dia mengepalkan tinju ke seorang tentara juga viral hingga Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Turki saat itu pun mengundangnya ke Şanlıurfa, selatan Turki pada 2012.

Pada 2015, muncul lagi sebuah foto yang menggambarkan dirinya mengenakan kaos Tweety menggigit tangan seorang tentara Israel untuk menghentikan penangkapan saudara laki-lakinya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.