Kodak Scanza Ubah Negatif Film Jadi Gambar Digital

kodak_scanza
Jakarta, Selular.ID – Jika Anda masih menyimpan sejumlah negatif film hasil kamera pocket lawas dan berniat mendigitalisasikannya, mungkin sekarang waktunya. Tentu, Anda bisa saja memotret foto dengan kamera smartphone, tapi sekarang ada opsi lain.

Kodak baru saja memperkenalkan alternatif yang jauh lebih mudah, dan mungkin lebih murah daripada layanan pihak ketiga jika Anda memiliki banyak film negatif untuk dikonversikan.

Alat ini disebut Kodak Scanza, dan ini adalah pemindai film berbentuk tabung yang mengubah film Anda menjadi gambar JPEG biasa.

Pemindai berukuran kecil ini dijajakan seharga $170 atau sekitar Rp2,3 juta, dilengkapi dengan lampiran yang support berbagai jenis film termasuk 35mm dan Super 8.

Pengguna cukup pilih lampiran yang sesuai pilih pengaturan pemindaian, lalu tempatkan film negatif ke pemindai. Selesai.

Scanza memiliki layar built-in untuk mengendalikan pemindai dan menyesuaikan pengaturan pemindaian gambar sesuai keinginan. Jika berencana untuk mengedit gambar di Photoshop atau Lightroom sebelum diposting, bisa menghubungkan pemindai Scanza langsung ke komputer, tidak ada driver yang diperlukan.

Sebagai alternatif, pengguna bisa memasukkan kartu SD biasa ke dalam slot pada pemindai dan menyimpan file JPEG ke dalamnya.

Pemindai mengubah film negatif (termasuk film slide negatif) menjadi gambar digital dengan resolusi 14 megapiksel, yang cukup memadai untuk kebutuhan standard (misalnya, mengunggah ke Instagram dan Facebook).

Jika Anda butuh resolusi yang lebih tinggi untuk mencetak cetakan berukuran layak, produk Kodak dapat meningkatkan resolusi hingga 22 megapiksel, meskipun, peningkatan resolusi digital semacam itu bisa mengakibatkan penurunan kualitas.

Kodak baru-baru ini memamerkan pemindai Scanza di CES 2018 dan telah mengumumkan peluncurannya untuk pasar AS, di mana ia akan menjual produk di Amazon.

Paket penjualan pemindai dilengkapi dengan berbagai adaptor untuk jenis film yang berbeda. Jadi Anda harus menyediakan kartu SD sendiri, serta kabel HDMI sendiri jika ingin menghubungkan pemindai ke monitor eksternal atau televisi.

Saat ini produknya belum tersedia, namun sudah terpampang di Amazon, jadi penjualan akan dimulai sebentar lagi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.