Asia Menyumbang Hampir Setengah Dari Percobaan 5G Global

Jakarta, Selular.ID – Tak diragukan lagi, Asia akan menjadi pasar masa depan dari tumbuhnya layanan 5G. Prospek tersebut didasarkan pada kesiapan operator dan uji coba yang telah dilakukan. Laporan terbaru dari Viavi Solutions menunjukkan jumlah percobaan 5G hampir meningkat tiga kali lipat dalam setahun terakhir, dengan Asia Pasifik menyumbang 43 persen dari 72 uji coba secara global.

Sebanyak 31 operator di Asia Pasifik menguji 5G, dengan sembilan orang terlibat dalam uji coba lapangan termasuk pemain mobile Korea Selatan SK Telecom, KT dan LG Uplus; China Mobile dan China Unicom; dan NTT Docomo di Jepang. Sepuluh operator lainnya di tujuh negara Asia Pasifik melakukan uji coba laboratorium 5G.

Dalam laporan Uji Coba 5G negara bagiannya, Viavi Solutions mengatakan kecepatan uji coba lapangan 5G dan penyebaran cepat meningkat selama enam bulan terakhir, dengan 28 operator tambahan mengumumkan rencana uji coba 5G

Meskipun spesifikasi 3GPP non-standalone New Radio (NR) hanya dirilis pada akhir Desember 2017, 14 produsen peralatan jaringan telah mengumumkan keterlibatan dalam uji coba 5G. Tes ini telah dilakukan di berbagai bandwidth, mulai dari sub-3GHz hingga 86GHz.

Dari operator yang mengungkapkan spektrum uji mereka, panjang gelombang yang paling sering diujicobakan adalah 28GHz, dengan 21 operator menggunakannya, diikuti oleh pita 15GHz.

“Ekspektasi untuk 5G sangat tinggi, menawarkan peluang baru bagi pendapatan bagi operator seluler,” kata Stephane Teral, direktur eksekutif penelitian dan analisis untuk infrastruktur bergerak dan ekonomi carrier di IHS Markit.

“Jalan menuju adopsi 5G rumit dan tetap berkembang. Operator dan vendor infrastruktur di seluruh dunia bergerak dengan kecepatan yang bervariasi dalam hal pengujian dan penerapan. Namun mereka perlu bertindak sekarang untuk menghadapi tantangan teknologi”, katanya.

Baca juga: Produsen Perangkat Mobile 5G Juga Pakai Snapdragon X50

Sameh Yamany, Viavi Solutions CTO, mengatakan bahwa penyedia layanan jaringan telah bergulat dengan evolusi ke 5G untuk beberapa waktu, termasuk bagaimana mengatasi tantangan teknologi seperti konvergensi fixed-mobile, hybrid cloud, pengetatan jaringan dan peningkatan virtualisasi.

Dia mencatat uji virtual, otomasi, optimasi dan analisis diri akan sangat penting untuk menghadapi kompleksitas dan skala jaringan 5G yang semakin meningkat, sambil mengelola permintaan untuk tarif data yang tinggi, aplikasi latensi yang sangat rendah dan layanan IU dalam skala besar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.