Lima Pelra Sumbang PAD Konkep

MURSALIN/ POS
PAD : Pelabuhan Rakyat Langara Laut yang baru beroperasi Januari lalu dan kini sudah memberi kontribusi bagi PAD bagi Konkep.

.CO.ID — Potensi-potensi yang dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) dimanfaatkan dengan maksimal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep). Di tahun ini, Pelabuhan Rakyat (Pelra) Langara Laut yang baru beroperasi Januari lalu sudah menghasilkan pundi-pundi pemasukan bagi daerah. Bahkan diitargetkan, Pelra tersebut bisa menyumbang retribusi hingga Rp 1 juta tiap bulan. Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, H. Harsin Abdul Rahim, mengatakan, selain Pelra Langara Laut, ada empat pelabuhan lainya yang bisa menyumbang PAD bagi Pulau Wawonii. Diantaranya, Pelra di Lamongupa, Wawouso, Pelabuhan Sukarela Jaya dan Sawapatani. Dari lima fasilitas perhubungan laut tersebut, diproyeksi menerima pemasukan Rp 20 juta untuk tahun 2018 ini.

“Tiap pelabuhan rakyat beda-beda sumbangan PAD-nya. Seperti Pelabuhan Langara Laut yang pendapatan retribusi tergantung beroperasinya feri. Kalau tidak lancar, tiap bulan diangka Rp 750 ribu. Tapi kalau ferinya lancar, penghasilan bisa tembus Rp 1 juta,” tutur Harsin, Rabu (14/3). Sementara untuk Pelabuhan Lamongupa hanya menyumbang PAD berkisar Rp 750 ribu. Pelabuhan Wawouso, Sawaeya dan Sukarela Jaya diperkirakan hanya bisa menyumbang Rp 400 ribu sampai Ro 500 ribu. Alasannya, ketiga pelabuhan tersebut sunyi dari aktivitas naik turun penumpang. Hanya saja, bongkar muat barang banyak dilakukan pada tiga pelabuhan itu.

“Kami juga targetkan sumbangan PAD tahun ini untuk lima Pelra bisa menembus angka Rp 20 juta. Tahun lalu kami target hanya 15 juta,” ujar mantan Camat Wawonii Barat itu. Dia menambahkan, pada April mendatang, pihaknya akan mengoperasikan Pelra Tumbu-Tumbu dan Batumea. Dengan aktifnya tambahan dua pelabuhan tersebut diharap dapat melancarkan pertumbuhan dan giliat ekonomi masyarakat di wilayah itu. (c/san)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.