SDM Tagana Konkep Ditingkatkan

MURSALIN/ POS
SIAGA BENCANA : Anggota Tagana Konkep saat menerima pembekalan terkait upaya penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu terjadi di daerah mereka.

.CO.ID — Geografis Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memang didominasi kawasan pesisir. Banyak warga di wilayah itu bermukim di tepi-tepi pantai. Tentunya itu sangat berbahaya. Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di Pulau Wawonii, Dinas Sosial Konkep, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) taruna siaga bencana (Tagana), dengan mengadakan pelatihan pada 51 anggotanya. Selain materi, mereka juga dilatih untuk pemasangan tenda bagi korban bencana alam.

Kepala Dinas Sosial Konkep, Muh. Rustam Arifin, mengatakan, Tagana berperan dalam setiap tahap penanggulangan bencana. Mulai dari mendata rumah rusak, jumlah korban (sakit atau meninggal dunia), melakukan kajian dampak bencana, memberi rujukan, evakuasi korban selamat, mendirikan dapur umum lapangan dan tugas-tugas lainnya. “Kita mengadakan pelatihan kepada Tagana Konkep, agar pengetahuan mereka untuk mengantisipasi bencana cepat tertangani,” kata Kadis Sosial, Muh. Rustam Arifin, Minggu (18/3).

Tagana Konkep siap menghadapi bencana yang mengancam pulau terluar itu. “Kami juga siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” tuturnya. Selain bencana alam, bencana sosial siap ditangani Tagana. Melihat kontur Pulau Wawonii, sangat rentan dengan tanah longsor, bencana sosial dan abrasi pantai. (c/san)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.